Minggu, 23 November 2008

INISIASI KAPITA SELECTA 1-5

INISIASI 1
TUGAS TUTORIAL ONLINE KE 1
Saudara Mahasiswa, pada pertemuan ini kita akan mendiskusikan materi tentang pendekatan pembelajaran di SD. Untuk kelancaran mempelajari materi ini, sebaiknya Anda telah menguasai materi yang ada pada modul Kapita Selekta Pembelajaran di SD Bab 1. Jika Anda pelajari dengan seksama modul tersebut, Anda memperoleh informasi tentang berbagai pendekatan atau model-model pembelajaran di SD. Pendekatan tersebut meliputi: pendekatan proses, pendekatan ITM, pendekatan terpadu, pendekatan pembelajaran melalui permaian.


Di samping itu, mungkin Anda perlu mempelajari sumber lain jika dalam modul itu tidak dapat ditemukan konsep-konsep yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran tersebut.
Tugas yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengerjakan soal-soal berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan:
a. Pendekatan pendekatan pembelajaran proses?
b. Pendekatan pendekatan pembelajaran ITM?
c. Pendekatan pendekatan pembelajaran terpadu?
d. Pendekatan pendekatan pembelajaran melalui permainan edukatif?
2. Mengapa diperlukan pendekatan-pendekatan pembelajaran:
a. Pendekatan pendekatan pembelajaran proses?
b. Pendekatan pendekatan pembelajaran ITM?
c. Pendekatan pendekatan pembelajaran terpadu?
d. Pendekatan pendekatan pembelajaran melalui permainan edukatif?
3. Untuk dapat melaksanakan berbagai pendekatan pembelajaran, diperlukan berbagai keterampilan pendukung. Tuliskan keterampilan-keterampilan pendukung untuk dapat melaksanakan pendekatan pembelajaran berikut ini.
a. Pendekatan pendekatan pembelajaran proses.
b. Pendekatan pendekatan pembelajaran ITM.
c. Pendekatan pendekatan pembelajaran terpadu.
d. Pendekatan pendekatan pembelajaran melalui permainan edukatif.
Saudara Mahasiswa, semua soal di atas merupakan beban tugas online yang pertama. Oleh karena itu, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikonstribusikan ke nilai akhir. Untuk menyelesaikan tugas ini, Anda diberi waktu selama dua minggu, terhitung dari saat dikirimnya tugas ini.

INISIASI 2
Saudara, seperti yang telah kami informasikan pada kegiatan tutorial yang lalu bahwa pada bab 1 dan 2 isinya membahas pokok-pokok bahasan tentang teori belajar, pendekatan dan model pembelajaran di sekolah dasar.
Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai materi-materi tersebut, coba Anda kerjakan dan diskusikan beberapa problema berikut.
1. Coba Anda jelaskan teori belajar menurut pandangan behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme dan humanisme ?
2. Jelaskan teori konektivisme dari Thorndike ?
3. Jelaskan pengaruh konstruktivisme dalam proses pembelajaran ?
4. Jelaskan bagaimana belajar dapat terbentuk pada siswa yang mempunyai kebutuhan berbeda ?
5. Bagaimana menurut anda tentang pemberian latihan soal-soal matematika di sekolah dasar ?
6. Coba jelaskan pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan Bahasa Indonesia di sekolah dasar ?
7. Apa yang dimaksud dengan discovery- inquiry learning ? Ketrampilan proses apa yang dapat diharapkan melalui kedua metode tersebut dalam pembelajaran IPA ?
8. Jelaskan penggunaan metode inquiry dalam pembelajaran IPS di SD ?
9. Dalam memberikan pembelajaran menggambar di SD pendekatan apa yang akan anda berikan ?
10. Apakah metode inquiry dapat diberikan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar? Jelaskan bagaimana caranya ?
Selanjutnya, dalam modul 3 ini isinya membahas tentang pembelajaran melalui permainan edukatif. Masing-masing materi tersebut terdapat dalam kegiatan belajar yang berbeda. Permainan edukatif pada Permainan edukatif untuk matapelajaran matematika pada Bacaan 1, untuk matapelajaran Bahasa Indonesia pada Bacaan 4, untuk matapelajaran IPS pada Bacaan 7 dan 8, untuk matapelajaran seni pada Bacaan 9 dan matapelajaran Penjas pada Bacaan 10.. Silakan Anda pahami materi-materi tersebut dengan cara mengerjakan soal-soal berikut.
1. Jelaskan manfaat bermain bagi anak-anak SD?
2. Apa yang harus disiapkan guru dalam menggunakan pendekatan permainan ?
3. Bagaimana cara memilih permainan yang mampu mengembangkan krativitas?
4. Kembangkan contoh pembelajaran dengan pendekatan permainan untuk mengajarkan salah satu konsep matematika di SD ?
5. Bagaimana cara mengevaluasi penggunaan pendekatam permainan ?

INISIASI 3
Mahasiswa yang terkasih, selamat bertemu kembali pada tutorial on line yang ke 3. Semoga pada pertemuan tutorial on line ini, kita semua dalam keadaan sehat dan bersemangat. Saya yakin anda telah siap dengan materi yang hendak kita diskusikan kali ini. Tema tutorial on line kali ini adalah Merancang Pembelajaran melalui permainan Edukatif di SD. Setelah diskusi ini, diharapkan anda mampu merancang pembelajaran melalui permainan edukatif di SD. Untuk kelancaran diskusi ini, saya harap anda telah memahami konsep pembelajaran melalui permainan edukatif yang telah anda pelajari sebelumnya.
Pembelajaran melalui permainan edukatif pada dasarnya dimaksudkan untuk membawa siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa diperoleh siswa dengan pembelajaran melalui permainan edukatif ini. Bermain bagi anak selain merupakan alat belajar juga merupakan kebutuhan hidup seperti bergerak, berlari dan berpikir. Anda dapat mempelajari materi ini lebih dalam pada Bacaan 10 sampai dengan 14. Selanjutnya buatlah rancangan pembelajaran melalui permainan edukatif. Agar dalam membuat rancangan ini dapat berjalan dengan baik, ikutilah tahap-tahap pengerjaan tugas berikut ini.
1. Pilih satu topik dalam salah satu mata pelajaran di sekolah dasar.
2. Rumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran.
3. Tentukan permainan edukatif yang akan digunakan dalam pembelajaran topik tersebut.
4. Jelaskan mengapa permainan edukatif tersebut yang dipilih dengan mempertimbangkan karakteristik topik dan siswanya.
5. Buatlah skenario pelaksanaan pembelajaran melalui permainan edukatif yang telah ditetapkan.
Selamat mengerjakan. Jika ada materi atau hal lain sehubungan dengan tugas ini yang ingin anda tanyakan, anda bisa menggunakan sarana ini untuk menyampaikan permasalahan anda tersebut. Kerjakanlah tugas ini dengan sungguh-sungguh agar anda mendapat pengalaman belajar yang maksimal dan mempunyai nilai baik yang dapat dikontribusikan pada nilai akhir.

INISIASI 3
Mahasiswa yang terkasih, selamat bertemu kembali pada tutorial on line yang ke 3. Semoga pada pertemuan tutorial on line ini, kita semua dalam keadaan sehat dan bersemangat. Saya yakin anda telah siap dengan materi yang hendak kita diskusikan kali ini. Tema tutorial on line kali ini adalah Merancang Pembelajaran melalui permainan Edukatif di SD. Setelah diskusi ini, diharapkan anda mampu merancang pembelajaran melalui permainan edukatif di SD. Untuk kelancaran diskusi ini, saya harap anda telah memahami konsep pembelajaran melalui permainan edukatif yang telah anda pelajari sebelumnya.
Pembelajaran melalui permainan edukatif pada dasarnya dimaksudkan untuk membawa siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa diperoleh siswa dengan pembelajaran melalui permainan edukatif ini. Bermain bagi anak selain merupakan alat belajar juga merupakan kebutuhan hidup seperti bergerak, berlari dan berpikir. Anda dapat mempelajari materi ini lebih dalam pada Bacaan 10 sampai dengan 14. Selanjutnya buatlah rancangan pembelajaran melalui permainan edukatif. Agar dalam membuat rancangan ini dapat berjalan dengan baik, ikutilah tahap-tahap pengerjaan tugas berikut ini.
1. Pilih satu topik dalam salah satu mata pelajaran di sekolah dasar.
2. Rumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran.
3. Tentukan permainan edukatif yang akan digunakan dalam pembelajaran topik tersebut.
4. Jelaskan mengapa permainan edukatif tersebut yang dipilih dengan mempertimbangkan karakteristik topik dan siswanya.
5. Buatlah skenario pelaksanaan pembelajaran melalui permainan edukatif yang telah ditetapkan.
Selamat mengerjakan. Jika ada materi atau hal lain sehubungan dengan tugas ini yang ingin anda tanyakan, anda bisa menggunakan sarana ini untuk menyampaikan permasalahan anda tersebut. Kerjakanlah tugas ini dengan sungguh-sungguh agar anda mendapat pengalaman belajar yang maksimal dan mempunyai nilai baik yang dapat dikontribusikan pada nilai akhir.

INISIASI 4
Saudara Mahasiswa, pada pertemuan kali ini kita akan mendiskusikan materi tentang bagaimana merancang pembelajaran melalui pengalaman langsung/eksplorasi di lingkungan sekitar. Melalui materi ini Saudara akan dibekali prinsip-prinsip pembelajaran dengan pendekatan STM, sehingga akan membantu Saudara dalam mengembangkan program pembelajaran yang dibutuhkan siswa. STM merupakan merupakan pendekatan yang mengkaitkan antara Sains dan Teknologi dengan permasalahan yang muncul di masyarakat/lingkungan sekitar atau di lingkungan anak. Tahapan pendekatan pembelajaran dengan pendekatan STM adalah: 1) tahap invitasi, 2) tahap eksplorasi, 3) tahap solusi, 4) tahap aplikasi. Merujuk dari materi yang telah Saudara pelajari di atas maka untuk memperdalam pemahaman Saudara, selanjutnya jawablah pertanyaan dibawah ini.
1. Jelaskan karakteristik pembelajaran melalui pendekatan STM
2. Apa yang harus dilakukan guru dalam menggunakan pendekatan STM
3. Bagaimana cara mendapatkan masalah atau topic yang tepat bagi siswa Sekolah Dasar untuk pembelajaran dengan pendekatan STM
4. Berikan contoh pembelajaran dengan pendekatan STM
5. Berikan contoh evaluasi pembelajaran dengan pendekatan STM
6. Jawaban di serahkan melalui Email. Jarot@.UMM.ac.id
7. Tugas diserahkan paling lambat 2 (dua) minggu setelah tugas ini di sampaikan
Untuk mendalami pemahaman saudara mengenai materi di atas, silakan saudara membaca pada Buku Bacaan 15, 16, 17, 18, 19, 20 Panduan Kapita Selekta Pedmbelajaran Di sekolah Dasar.

Inisiasi 5
Saudara Mahasiswa, apa kabar ? pada pertemuan kali ini kita akan bersama-sama untuk mempelajari topik ”Merancang pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran terpadu”. Setelah mempelajari topik ini Anda diharapkan memiliki kemampuan Merancang Pembelajaran Terpadu untuk kegiatan pembelajaran di SD. Untuk memiliki kemampuan tersebut, unsur-unsur yang akan didiskusikan dalam merancang pembelajaran terpadu tersebut meliuputi: menetapkan tema sentral, merumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran, mengidentifikasi konsep-konsep yang memiliki sifat keterkaitan baik yang terdapat dalam intra maupun antar mata pelajaran yang akan diintegrasikan, merumuskan skenario pembelajaran yang akan dilakukan, dan menetapkan alat evaluasi yang akan dilakukan.
Saudara Mahasiswa, yang dimaksud dengan merancang pembelajaran terpadu pada dasarnya adalah bagaimana membuat rencana atau niat secara tertulis sebagai pedoman operasional yang akan menjadi pedoman bagi guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran terpadu. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam membuat rencana pembelajaran terpadu tersebut: pertama menetapkan tema pembelajaran yang akan berfungsi sebagai alat pengait pembelajaran, kedua merumuskan kompetensi yang harus dicapai siswa, ketiga menetapkan konsep atau prinsip dari setiap mata pelajaran yang memiliki keterkaitan untuk diintegrasikan baik secara intra maupun antar mata pelajaran, keempat merumuskan skenario atau kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, dan kelima merumuskan alat evaluasi yang akan digunakan.
Sebelum membuat rancangan pembelajaran dengan pendekatan terpadu ada baiknya saudara untuk dapat menelaah kembali tentang :
1. Perbedaaan antara pembelajaran konvensional dan pembelajaran terpadu
2. Karakteristik Pembelajaran terpadu
3. Macam model pembelajaran terpadu
4. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran terpadu
5. Penilaian dalam pembelajaran terpadu
Untuk dapat memahami materi diatas saudara dapat mempelajarai modul Bab IV tentang PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TERPADU.
Saudara mahasiswa, tugas saudara saat ini adalah membuat skenario/rancangan pembelajaran terpadu dengan (1) model antar matapelajaran minimal mengkaitkan 3 mata pelajaran (2) Kelas sesuai dengan saudara mengajar.
Jawaban TO Dikirim Ke emailnya Pak. Mudiyano

Tidak ada komentar: