Jumat, 31 Oktober 2008

Inisiasi 2 Pendidikan Multikultural

Saudara, seperti yang telah kami informasikan pada kegiatan tutorial yang lalu bahwa pada unit 1 isinya membahas tentang hakikat kebudayaan dan hakikat Pendidikan Multikultural. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai materi-materi tersebut, coba Anda diskusikan problema berikut.


1. Untuk membentuk negara dan bangsa Indonesia yang kokoh perlu mengembangkan jenis pendidikan yang cocok untuk bangsa Indonesia yang multikultural, yaitu Pendidikan Multikultural.
2. Kemukakan pendapat Saudara, apa tujuan terpenting dimunculkannya Pendidikan Multikultural.


Selanjutnya, dalam unit 2 ini isinya membahas tentang teori-teori Pendidikan Multikultural dan Pendekatan terhadap Pendidikan Multikultural. Nah, sekarang cobalah Anda kerjakan tugas di bawah ini.

1. Mengapa kita perlu mempelajari pendapat para ahli tentang teori Pendidikan Multikultural itu sebagaimana diuraikan pada halaman 2-3 sampai 2.8. Cobalah membandingkan pendapat para ahli Barat itu dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara atau pemikiran pakar pendidikan yang Anda kenal.
2. Mengapa kita perlu mempelajari berbagai pendekatan yang telah terjadi dan sedang terjadi pada Pendidikan Multikultural di Amerika Serikat, sebagai negara asal Pendidikan Multikultural? Mengapa kita tidak langsung saja mempelajari berbagai budaya bangsa Indonesia yang ada?


Selamat mengerjakan. Jika Anda mengalami hambatan gunakan fasilitas ini sebagai sarana untuk bertanya.

{Selvy}

1 komentar:

Rannie El Azhara mengatakan...

Di kirimnya ke alamat mana ya jenk selvy, ridhosar/ridho swcu.