Jumat, 31 Oktober 2008

Inisiasi 1-5 ABK

Inisiasi 1
TUGAS A
Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus Pelajari bab I materi yang ada tentang Anak Berkebutuhan Khusus, bagaimana Anda dapat memahami tentang ABK secara mendalam, Untuk lebih memahami tugas ini maka kerjakan tugas-tugas berikut :
1. Coba anda buat rumusan pengertian anak berkebutuhan khusus.
2. Buatlah perbandingan antara anak cacat dengan anak berkebutuhan khusus.


Untuk memahami konsep dan makna layanan secara komprehensif, baik secara umum maupun secara khusus, maka beberapa ilustrasi berikut ini dapat saudara perhatikan dengan seksama.
Ilustrasi 1 Bagus adalah seorang mahasiswa yang sering mengeluh terhadap tenaga administrasi di kampusnya yang sering terlambat dalam memberikan layanan. Seharusnya sebagai tenaga yang profesional dapat memberikan layanan yang memuaskan, agar aktivitas studinya tidak terhambat.
Ilustrasi 2 Sebagai seorang pelayan supermarket, Rina senantiasa menyapa dan melayani kebutuhan para pengunjung yang datang dengan ramah, agar dengan begitu pengunjung dapat berbelanja dengan nyaman dan tenang. Aktivitas yang demikian memang sudah menjadi kewajiban bagi seorang pelayan yang baik, yang dapat memuaskan para pengunjung dan meningkatkan citra perusahaan.
Ilustrasi 3 Suatu hari, seorang ibu beserta seorang anak datang ke sebuah biro konsultasi pendidikan yang mengeluhkan kondisi anaknya yang mengalami kelambanan dalam berbicara, padahal anak sudah berusia 5 tahun dan mengharapkan adanya layanan yang dapat mengatasi masalah anak tersebut. Seorang tenaga membantu memberikan layanan untuk membina kemampuan berbicara, sampai perkembangan berbicara dan berbahasa anak menjadi baik. Pada akhirnya orangtua merasa puas mendapat layanan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah anaknya.  Dari ketiga ilustrasi yang ditampilkan tersebut, dapat saudara cermati bahwa konsep layanan memiliki arti yang sama meskipun dalam konteks kegiatan yang berbeda, yaitu suatu jasa yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.
Rambu-rambu Jawaban untuk mengerjakan tugas di atas maka anda perlu:
1. Studi kepustakaan di perpustakaan, dan melakukan diskusi dengan teman-teman anda. 
2. Anda datang ke sekolah dan amati siswa yang mengalami kecacatan tetapi tidak     mengalami hambatan dalam sosialisasi dan anak yang memang memerlukan layanan    khusus.
3. Berkunjunglah ke sekolah dan coba anda menelaah prestasi belajar seorang siswa    dengan membandingkan inter dan intra-individualnya.
Kerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan Jujur !!!
1. Jelaskan beberapa landasan hukum yang mendasari perlunya pemenuhan hak-hak untuk anak berkebutuhan khusus!
2. Berikanlah contoh hak-hak yang harus diberikan untuk anak berkebutuhan khusus, dan bagaimana cara memberikan hak tersebut menurut saudara?
3. Bagaimana cara memberikan hak-hak untuk anak berkebutuhan khusus, seandainya di   sekolah saudara terdapat anak berkebutuhan khusus?

Inisiasi 2
Tugas B  :
1.  Sebutkan model-model layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus!
2.  Jelaskan kelebihan kekurangan dari masing-masing model layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang ada!
3.  Jelaskan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah.
4. Menurut saudara, mungkinkah pendidikan inklusi ini diterapkan di sekolah saudara? Apa alasannya!
5. Jelaskan kelebihan kekurangan dari masing-masing model layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang ada!
6. Kunjungi salah satu sekolah luar biasa yang ada di sekitar saudara, lalu buatlah analisis. Menurut saudara, SLB yang saudara kunjungi tersebut menerapkan model layanan pendidikan ABK yang mana? Buatlah laporan secara tertulis!
7. Mungkinkah pendidikan inklusi ini diterapkan di sekolah saudara? Jelaskan langkah-langkah implementasinya! Apa faktor pendukung dan penghambatnya!
Tugas kirim ke e-mail yang sudah ada, selamat mengerjakan Kerjakan sesuai dengan bahasa Anda masing-masing, dan kirimkan ke e-mail : ridhosar@gmail.com paling lambat 6 November 2008, selamat mengerjakan

Inisiasi 3
Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Tugas Tutorial On Line Ketiga.
A. Perintah: Kerjakan secara sunguh-sungguh, dan segera kirimkan kepada kami.
Apabila anda telah selesai mengerjakan tugas ini. Ingat tugas ini untuk mengukur tingkat kemampuan pemahaman Anda, oleh karena itu kejujuran akademik dalam mengerjakan menjadi tanggungjawab Anda. Selamat mengerjakan, semoga sukses!
B. Tugas:
1. Di kelas A di suatu sekolah dasar, terdapat seorang siswa yang tergolong anak berkebutuhan khusus, sebut saja Badu. Setiap ada tugas dari guru, Badu selalu saja tertinggal dalam penyelesaian tugas. Menurut Anda, termasuk anak berkebutuhan khusus jenis apakah dia? Analisislah berdasarkan karakteristiknya!
2. Amatilah secara lebih teliti, siswa-siswa yang ada di salah satu sekolah dasar yang ada di sekitar Anda. Buatlah laporan, apakah diantara siswa tersebut ada yang tergolong berkebutuhan khusus? Analisislah berdasarkan karakteristiknya!

Inisiasi 4
Prinsip Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tugas Tutorial On Line Keempat
A. Perintah: Kerjakan secara sunguh-sungguh, dan segera kirimkan kepada kami, apabila saudara telah selesai mengerjakan tugas ini. Ingat tugas ini untuk mengukur tingkat kemampuan pemahaman Saudara, oleh karena itu kejujuran akademik dalam mengerjakan menjadi tanggungjawab Saudara. Selamat mengerjakan, semoga sukses!
B. Tugas:
1. Dalam satu kelas di suatu sekolah dasar penyelenggara inklusi, terdapat tiga orang siswa yang tergolong anak berkebutuhan khusus (satu orang tunanetra dan dua orang tunarungu). Jelaskan prinsip-prinsip layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tersebut agar semuanya mendapatkan layanan pendidikan yang optimal!
2. Kunjungi salah satu sekolah penyelenggara pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus! Analisislah implementasi prinsip-prinsip layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tersebut. Buatlah laporan secara tertulis!

Inisiasi 5
Pemberian Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
Saudara mahasiswa yang berbahagia, selamat berjumpa dalam kegiatan tutorial online untuk mata kuliah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan kode matakuliah (....). Dalam tutorial online kali ini, Anda akan dipandu oleh tutor Anda, Hermanto SP. Pada pertemuan kelima ini, kita akan mendiskusikan materi-materi yang ada pada Bahan Ajar Cetak (BAC) Unit Keenam. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam unit keenam BAC tersebut berisi tentang layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar yang terdiri atas tiga subunit materi. Subunit pertama dan kedua yaitu identifikasi dan asesmen telah kita bahas dalam pertemuan residensial terdahulu. Untuk itu dalam kegiatan tutorial online kelima ini materi yang kita bicarakan adalah subunit ketiga atau pemberian layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, kompetensi yang diharapkan dari kegiatan tutorial kelima ini Anda diharapkan mampu:
1. Melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan anak berkebutuhan khusus.
2. Melakukan pengembangan program pendidikan anak berkebutuhan khusus.
3. Melaksanakan pendidikan anak berkebutuhan khusus.
4. Melakukan evaluasi pendidikan anak berkebutuhan khusus.
Identifikasi Kebutuhan Pendidikan
Saudara mahasiswa, sebagaimana materi yang sudah kita kaji pada subunit 1 dan 2 terdahulu tentang identifikasi dan asesmen, maka tahap selanjutnya dalam totorial online ini, kita perlu melakukan identifikasi kebutuhan pendidikannya. Dengan kata lain identifikasi kebutuhan pendidikan merupakan tindak lanjut dari tahap identifikasi dan asesmen. Identifikasi kebutuhan pendidikan ini dapat dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Adapun untuk mengetahui latar belakang yang sesungguhnya tentunya sudah diperoleh pada saat identifikasi dan asesmen. Sumber informasi dalam melakukan identifikasi dan asesmen tersebut dapat diperoleh dari orang tuanya, guru, psikolog, maupun dari medis.
Pengembangan Program
Saudara mahasiswa, tahap selanjutnya apabila kita telah mengetahui kemampuan anak berkebutuhan khusus yang akan kita tangani, maka kita harus melakukan
Inisiasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 1
pengembangan program. Pengembangan program untuk anak berkebutuhan khusus ini sangat dikenal dengan istilah Individualized Educational Program (IEP) atau program pembelajaran individual (PPI). Program ini didasarkan atas kemampuan saat ini, program jangka pendek dan program jangka panjang. Hal penting yang harus dilakukan oleh guru, bahwa pengembangan program tersebut harus mendapat persetujuan dari orangtua siswa. Menurut Hallahan (1991) bahwa pengembangan program harus mengikuti beberapa ketentuan seperti 1) tingkat kemampuan siswa saat ini, 2) tujuan tahunan untuk tiap siswa, 3) hubungan antara tujuan jangka pendek dan jangka panjang, 4) hubungan antara pendidikan khusus dengan pelayanan yang diberikan, 5) rencana untuk memulai pelayanan, dan 6) prosedur evaluasi.
Pelaksanaan dan Evaluasi
Mahasiswa yang berbahagia, sungguh merupakan suatu keniscayaan apabila program yang telah dibuat tanpa adanya pelaksanaan dapat mencapai tujuan. Oleh karena itu, menjadi penting program yang telah dibuat dan telah didasarkan pada kemampuan ABK yang bersangkutan untuk segera dilaksanakan. Agar pelaksanaan menjadi lebih berhasil maka perlu mempersiapkan beberapa hal yaitu: 1) mencermati tujuan dan sasaran program, 2) materi dan lembar kegiatan, 3) fasilitas dan sumber belajar, 4) kalender pembelajaran, dan 5) sebelum pelaksanaan perlu adanya rapat koordinasi sesama tim yang akan menangani. Tahap selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Evaluasi ini dapat dilakukan secara periodik maupun evaluasi proses. Evaluasi tersebut dengan cara melihat hasil kerja, portofolio, dan sebagainya.
Saudara mahasiswa, selanjutnya silahkan Anda baca modul yang terkait dengan materi ini atau buku-buku yang relevan, kemudian kerjakan soal-soal berikut:
1. Bagaimana cara melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan anak berkebutuhan khusus?
2. Bagaimana cara melakukan pengembangan program pendidikan anak berkebutuhan khusus.
3. Bagaimana tahapan melaksanakan proses pendidikan anak berkebutuhan khusus.
4. Jelaskan cara mengevaluasi pendidikan anak berkebutuhan khusus.
Selanjutnya, untuk mengetahui benar atau tidaknya jawaban Anda silahkan kirim kembali jawaban tersebut melalui e-mail: abkpjjpgsd@yahoogroups.com. atau melalui faks ke nomor (0274) 540611. Saudara mahasiswa, jika ada sesuatu materi yang belum atau kurang jelas dan ingin Anda tanyakan, gunakanlah sarana di atas untuk menyampaikan permasalahan Anda tersebut. Sekali lagi jangan ragu-ragu,
2 Inisiasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
bila Anda mengalami hambatan atau permasalahan dengan materi tutorial ini. Silahkan hubungi kami, tentu akan kami bantu menemukan solusi.
Harus Anda sadari bahwa materi ini merupakan kelanjutan dari pemahaman kita tentang identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus (ABK) dan sangat penting Anda kuasai karena merupakan dasar untuk mempelajari materi yang terdapat pada bahan ajar cetak (BAC) selanjutnya, terutama dalam memberikan layanan pendidikannya. Tiada sia-sia bagi yang berusaha. Selamat Belajar dan Semoga Sukses!
Rubrik Dalam Tutorial On Line Kelima
Pemberian Layanan Pendidikan
TINGKAT PENILAIAN DAN BOBOT
KURANG
CUKUP
BAIK
KRITERIA
1- 5,9
6 – 8,4
8,5 - 10
Melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan
Identifikasi yang dilakukan masih salah
Mampu mengidentifikasi kebutuhan pendidikan namun belum lengkap
Melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan secara sempurna dan benar
Pengembangan program pendidikan
Belum mampu membuat PPI yg sesuai dgn kondisi siswa
Mampu membuat PPI namun blm lengkap
Mampu membuat PPI dengan tepat
Melaksanakan proses pendidikan
Diskripsi yg dibuat tidak jelas
Mampu membuat deskripsi pelaksanaan pendidikan namun blm sesuai
Mampu membuat deskripsi pelaksanaan pendidikan dgn baik
Cara mengevaluasi pendidikan
Evaluasi yg dibuat tidak lengkap
Evaluasi yg dibuat mencakup beberapa aspek namun blm lengkap
Mampu mengevaluasi dgn baik dan lengkap
Inisiasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 3
Menentukan Bobot (Value) Dari Masing-Masing Kriteria
TINGKAT PENILAIAN DAN BOBOT
KRITERIA
KURANG
CUKUP
BAIK
Melakukan identifikasi kebutuhan pendidikan
1
1,6
2
Pengembangan program pendidikan
2
3
3,8
Melaksanakan proses pendidikan
2
2,3
2,5
Cara mengevaluasi pendidikan
0,9
1,5
1,7
TOTAL SKOR
1- 5,9
6 – 8,4
8,5 - 10
Catatan: Seorang mahasiswa akan mendapatkan nilai tertinggi 10 (maksimal) apabila mahasiswa tersebut mampu mengerjakan tugas secara maksimal dari keseluruhan kriteria yang ada.
Tugas Tutorial On Line Kelima
A. Perintah:
Kerjakan secara sunguh-sungguh, dan segera kirimkan kepada kami, apabila anda telah selesai mengerjakan tugas ini. Ingat tugas ini untuk mengukur tingkat kemampuan pemahaman Anda, oleh karena itu kejujuran akademik dalam mengerjakan menjadi tanggungjawab Anda. Selamat mengerjakan, semoga sukses!
B. Tugas:
Lakukan identifikasi dan asesmen dengan sungguh-sungguh terhadap siswa-siswa yang ada di sekolah saudara. Adalah diantara mereka yang termasuk anak berkebutuhan khusus? Lalu lakukan: a) Identifikasi kebutuhan pendidikannya. b) Buatlah program pembelajaran individual untuk mereka. c) Buatlah rancangan evaluasinya.
4 Inisiasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
Dikirim Ke Ridhosar@gmail.com, paling lambat tanggal 10 Desember 2008

{Selvy}

2 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.